jump to navigation

atheisme-part 1 May 11, 2007

Posted by dirga primawan in atheisme.
trackback

 

Berbicara mengenai  Atheisme memang  tidak ada habisnya. Apalagi ketika  orang dihadapkan pada sebuah realitas  kehidupan yang menggoncangkan imannya, apa lagi yang bisa ia pegang?  Orang  modern cenderung mulai mempertanyakan imannya ketika  keberhasilan sains dan teknologi dalam kehidupannya justru lebih banyak berbicara ketimbang  doktrin-doktrin pengajaran dalam agama.  Saya tertarik untuk  mulai membahasnya.  Namun sebelum masuk lebih dalam,  ada beberapa istilah yang  saya perkenalkan  lebih  dahulu.

  

Anthropotheisme adalah ajaran yang menyatakan bahwa Allah adalah manusia itu sendiri. Pandangan mengenai Allah kemudian diganti menjadi pandangan mengenai manusia. Pandangan ini dipelopori oleh seorang filsuf bernama Feuerbach. Menurutnya, Allah hanyalah hasil proyeksi diri manusia. Manusia menempatkan segala sesuatu yang baik dan ideal di luar dirinya.

 

Atheisme sosial-politik adalah ajaran yang menyatakan bahwa agama merupakan efek atau tanda dari adanya ketidakberesan masyarakat. Karl Marx mengatakan agama sebagai candu masyarakat karena agama lalu menjadi tempat pelarian kelas bawah yang tertindas oleh kelas atas. Apabila kondisi masyarakat itu sudah beres, maka agama akan hilang dengan sendirinya

 

Atheisme teoretis adalah ajarran yang menolak secara blak-blakan tentang adanya Allah dengan memberikan argumentasi-argumentasi sebagai bentuk pertanggungjawabannya

 

Deisme merupakan ajaran yang menyatakan bahwa sesudah Allah menciptakan dunia ini beserta hukum-hukum alamnya, Allah tidak lagi terlibat dalam dunia ciptaan-Nya tersebut. Dunia atau alam semesta ini berjalan secara mekanistis. Dengan demikian, Allah hanya diperlukan pada saat penciptaan saja. Sesduah itu, Allah bisa dikatakan menjadi tidak relevan lagi.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: